3 Tempat Wisata Bersejarah Di Indonesia Yang Cukup Terkenal

3 Tempat Wisata Bersejarah Di Indonesia Yang Cukup Terkenal

Indonesia dikenal negara yang memiliki sejuta kebudayaan. Kebudayaan yang ada di Indonesia semata-mata merupakan nilai warisan dari nenek moyang. Kebudayaan yang tercipta hingga sekarang ini memiliki peninggalan yang bersejarah dari zaman dahulu di mana kita dapat menikmati peninggalan tersebut hingga saat ini. Peninggalan-peninggalan tersebut merupakan bukti akan saksi mati kehidupan sejarah Indonesia. Selain berbentuk prasasti, peninggalan sejarah zaman dahulu kala juga dibuktikan dengan adanya tempat wisata bersejarah di Indonesia yang sampai sekarang masih dapat kita lihat.

Tempat wisata bersejarah di Indonesia seakan membuat kita kembali mengingat lagi bagaimana keadaan Indonesia dulunya. Dengan cerita-cerita kerajaan yang menjadi awal adanya Indonesia. Sekarang tempat-tempat bersejarah itu dapat kita lihat sampai sekarang. Dan sekarang tempat itu dijadikan tempat tujuan wisata bersejarah di Indonesia. Tempat wisata apa saja itu akan diulas sedikit di bawah ini.

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan salah satu tempat wisata bersejarah di Indonesia tepatnya berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Tempat wisata ini menjadi saksi lokasi pertempuran hebat yang terjadi antara pemuda AMKA (Angkatan Muda Kereta Api) melawan Kempetai dan juga Kidobutai, Jepang. Bangunan ini sekaligus menjadi bukti sejarah terjadinya Pertempuran lima hari di Semarang, yaitu terjadi pada tanggal 14 OKtober 1945 sampai 19 Oktober 1945. Bangunan ini memiliki dua lantai dan dibangun di tahun 1904 dan selesai dibangun tahun 1907. Gedung ini menjadi kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau disingkat menjadi NIS. Masyarakat setempat menyebutnya Lawang Sewu karena bangunan ini memiliki jumlah pintu yang sangat banyak dengan jumlah seribu. Padahal kenyataannya jumlahnya tidak sampai seribu buah. Lawang sewu diambil dari bahasa Jawa yang artinya seribu pintu.

2.  Gedung Sate

Gedung Sate merupakan tempat sejarah yang terletak di Indonesia tepatnya di Kota Bandung. Jika kita mendengar Kota Bandung maka yang terpikir pertama biasanya adalah Gedung Sate. Gedung ini dinamakan dengan Gedung Sate karena pada bagian atas gedung ini memiliki ornamen yang mirip dengan tusuk sate. Gedung ini di bangun tahun 1920. Gedung Sate bukan gedung biasa, gedung ini merupakan gedung perkantoran pemerintah untuk provinsi Jawa Barat.  Biasanya masyarakat Bandung menjadikan tempat ini sebagai tempat untuk bersantai di hari Minggu dan dipenuhi dengan banyak pedagang.

3.  Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan tempat wisata bersejarah di Indonesia yang terletak di Yogyakarta yang letaknya tidak begitu jauh dari Candi Borobudur. Candi Prambanan sering disebut juga Candi Roro Jonggrang. Bagian tepi pada candi ini dibatasi pagar langkan dengan hiasan relief yang berceritakan tentang Ramayana, dapat kita lihat dengan berjalan mengelilingi area candi melalui lorong. Ada dua candi lainnya yang saling berhadapan yang letaknya masih satu halaman dengan Candi Prambanan dengan ketinggian 16 meter.

Indonesia selain kaya akan budayanya dan keindahan alamnya, Indonesia juga memiliki kekayaan warisan sejarahnya. Itu terbukti dengan banyaknya bangunan-bangunan dan tempat wisata bersejarah di Indonesia yang sampai sekarang masih terjaga. Tempat wisata sejarah yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia memiliki daya tarik tersendiri untuk para wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Tempat wisata bersejarah di Indonesia cocok sekali dikunjungi bersama keluarga terutama bersama putra-putri kesayangan anda karena dapat menambah ilmu pengetahuan tentang sejarah yang ada di Indonesia. Tidak selalu harus mengunjungi tempat wisata yang sekedar untuk melepas penat, ada baiknya untuk mengunjungi tempat wisata yang bersejarah karena manfaat yang didapat juga lebih dari kesenangan dan hiburan saja.

Sumber : http://www.tempatwisataid.com/

Konsultan Surabaya

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply