Manfaat jintan hitam untuk kesehatan

Manfaat jintan hitam untuk kesehatan

Habbatussauda atau kita mengenalnya dengan nama jintan hitam memang obat tradisional yang telah lama sering digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman yang termasuk ke dalam golongan rempah-rempah ini dikenal juga dengan nama black seed, black caraway, natura seed, jintan hitam, black cumin, nigella sativa, dan kaluduru.

Melihat bentuknya yang hitam, kecil, dan masuk ke dalam golongan obat tradisional membuat banyak orang meragukan khasiat jintan hitam bagi kesehatan. Padahal Rasulullah pun mengakui khasiat jintan hitam melalui sabdanya :

“Pada Habbatussauda ada obat bagi segala jenis penyakit kecuali Al-Sam, yaitu maut” .
Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari (10:118-119) ini menegaskan betapa bermanfaatnya jintan hitam yang telah digunakan sejak 2000-3000 tahun sebelum masehi.
Boleh jadi pengobatan modern telah banyak berkembang sekarang ini, namun jintan hitam tidak pernah kehilangan manfaatnya dalam menjaga kesehatan. Apa saja manfaat jintan hitam?
Sistem kekebalan tubuh

Jintan hitam dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap virus, kuman, dan bakteri. Hal ini merupakan hasil penelitian Dr. Ahmad Al-Qadhy pada  1986. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, otomatis kita tidak mudah terkena sakit atau penyakit. Bahkan menurut penelitian Prof. G Reitmuller, Direktur Institut Immunologi dari Universitas Munich dan laporan terpisah dari penelitian tim Dr. Basil Ali, Universitas King Faisal, Arab Saudi, serta laporan penelitian Immuno Biology Laboratory, California, AS, jintan hitam dapat menghentikan pertumbuhan sel tumor.

Fungsi otak
Jintan hitam mengandung Omega 6 dan Omega 3 yang terkenal untuk meningkatkan fungsi otak. Dengan fungsinya yang meningkat, otomatis daya ingat dan kecerdasan otak pun meningkat. Hal ini tentu saja sangat membantu anak dalam masa pertumbuhan, bahkan sebagai nutrisi penting bagi ibu hamil karena dapat menjaga pertumbuhan janin.

Insomnia dan stres
Siapa yang sering sulit tidur atau mudah stres? Di kehidupan yang serba padat dan cepat ini, setiap orang mudah stres dan cenderung kurang beristirahat karena tidak mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Jintan hitam  mengandung unsur sapion yang memiliki fungsi seperti kortikosteroid yang dapat membuat kita lebih tahan terhadap perubahan lingkungan, gangguan tidur, stres bahkan bagus untuk ibu yang sedang menyusui. Efeknya ini akan membuat kita lebih tenang dan rileks.

Anti radang
Jintan hitam memiliki kandungan senyawa thymoquinone yang berfungsi sebagai anti radang, oleh karena itu sangat baik untuk mengobati jerawat yang meradang dan menghaluskan kulit. Tidak perlu obat yang mahal untuk mengobati jerawat yang menyebalkan, coba dahulu jintan hitam. Selain itu senyawa thymoquinone memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas.

Pencernaan
Bagi yang bermasalah dengan pencernaan, misalnya mules, diare, atau muntah-muntah maka mengkonsumsi jintan hitam adalah pilihan tepat karena jintan hitam mengandung senyawa anti bakteri yang dapat membunuh bakteri kolera, E. coli dan Shigella spp yang sering mengganggu pencernaan.

Nutrisi
Jintan hitam hanya sebagai obat? Tentu saja tidak, kita dapat mengonsumsi jintan hitam tanpa harus menderita suatu penyakit dahulu karena jintan hitam merupakan sumber nutrisi. Jintan hitam mengandung 15 macam asam amino termasuk 9 jenis asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi tubuh secara cukup. Selain itu jintan hitam mengandung kalsium, potassium, zat besi, arginine, magnesium, selenium, vitamin A, B1, B2, B6, C, E dan niacin.
Jadi apalagi yang dapat diragukan dari manfaat jintan hitam?

Sumber : http://www.lebaran.com/kesehatan/item/770-manfaat-jintan-hitam-untuk-kesehatan.html

Konsultan Surabaya

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply