.

Mau Sehat? Jalan Kaki Aja

Mau Sehat

Olahraga memang cukup melelahkan, sehingga beberapa dari sobat jadi malas melakukannya. Namun, ada satu olahraga yang paling mudah dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Yap, jalan kaki adalah jawabannya. Saat sedang berangkat ke kampus atau ke kantor, kita berjalan kaki. Saat shopping, kita juga berjalan kaki.

Saat ingin cari makan siang atau makan malam di luar, kita juga berjalan kaki. Saat mau menuju ke parkiran pun, kita juga berjalan kaki. Aktivitas sehari-hari ini pun tidak boleh diremehkan. Pasalnya, hanya dengan melangkahkan kaki, kita bisa memperoleh segudang manfaat terhadap tubuh kita.

Agar tubuh kita menjadi sehat dan tetap fit, manusia perlu melakukan jalan kaki sedikitnya 2,5 kilometer atau waktu tempuh sekitar setengah jam. Manfaatnya? Tubuh akan terbakar kalori. Sehingga, bagi mereka yang sedang melakukan diet, memperbanyak jalan kaki bisa sangat membantu.

Jalan kaki adalah proses menggerakkan kaki sehingga ini akan sangat membantu meningkatkan kepadatan tulang kaki yang akan menguatkan otot dan mencegah keroposnya tulang.  Bagi mereka yang terkena kolesterol, juga disarankan memperbanyak jalan kaki karena aktivitas ini bisa mengurangi jumlah kolesterol jahat dengan memperbanyak munculnya komposisi kolesterol baik.

National Council of Aging melakukan penelitian terhadap beberapa responden secara acak dan menemukan fakta bahwa jalan kaki berpengaruh secara linear terhadap daya fungsi otak. Mereka yang berjalan kaki lebih banyak, memiliki memori otak yang jauh lebih besar dan daya ingat yang lebih baik dibandingkan dengan  mereka yang lebih sedikit melakukan jalan kaki.

Seorang responden yang berjalan kaki 1,5 jam setiap minggunya memiliki struktur organ otak yang jauh lebih baik.  Jadi, kalau kamu merasa daya ingatmu melemah, seringlah mulai melakukan jalan kaki.

Bagi mereka yang sudah sering berjalan kaki dalam jangka waktu yang lama, ternyata memiliki risiko kematian 50% lebih rendah daripada yang tidak. Karena jalan kaki dapat melancarkan sirkulasi darah ke jantung. Sehingga, umur akan lebih panjang.

”Oleh Nena Nikita Diedit Admin Pasukan Lebaran”

Sumber Gambar : Google

Konsultan Surabaya

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply