.

Penyakit Maag Bisa Menyebabkan Serangan Jantung

Penyakit Maag Bisa Menyebabkan Serangan Jantung

Hati-hati, gejala penyakit jantung yang satu ini cukup mengecoh. Sobat Lebaran.com yang merasa tidak pernah memiliki penyakit maag sebelumnya kemudian merasa sakit di bagian lambung, sebaiknya waspada. Bisa jadi itu adalah gejala penyakit jantung.

Jangan anggap enteng rasa nyeri yang melanda lambung. Karena, ternyata nyeri di lambung bukan hanya merujuk pada gejala sakit maag. Bisa pula menjadi tanda-tanda terjadinya penyempitan pembuluh darah koroner. Sakit jantung tidak lagi selalu ditandai dengan nyeri di dada. Gejala serangan jantung beragam dialami masing-masing individu. Seperti, sesak nafas, lemas, jantung berdetak cepat, pingsan dan yang terakhir seperti maag (sakit di lambung atas).

Ini yang menyebabkan tersamarnya indikasi sakit jantung karena sebuah serangan jantung terkadang dimulai dengan rasa sakit yang tidak jelas atau hanya rasa tidak nyaman yang samar. Serangan jantung adalah kondisi saat terhentinya aliran darah menuju jantung, meskipun terjadi dalam durasi sesaat, serangan ini bisa mengakibatkan matinya sebagian sel jantung.

Sedangkan sakit maag atau yang juga dikenal dengan Gastritis/peradangan lambung adalah meningkatnya asam di perut secara berlebih.

Keduanya sama-sama disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Di antaranya merokok, stress, dan asupan makanan yang tidak sesuai dengan standar kebutuhan tubuh.

Gejala pada serangan jantung :

- Nyeri dada yang berulang setiap 20 menit.
- Sakit atau sesak di bagian dada.
- Rasa seperti tertekan di bagian dada dan leher seperti tercekik hingga terkadang timbul keringat dingin.
- Pingsan (disebabkan asupan oksigen yang terhambat ke jantung).
- Sering kelelahan atau mengantuk.
- Gangguan aliran darah.

Gejala sakit maag :

- Nyeri di ulu hati yang biasanya timbul pada dini hari hingga pukul 10 pagi, (pada waktu tersebut, kerja syaraf simpatis meningkat).
- Mual yang terkadang disertai muntah.
- Perut kembung, hingga menimbulkan efek kenyang.

Pemeriksaan lebih lanjut untuk mendeteksi sakit maag dapat dilakukan dengan langkah endoskopi atau teropong lambung. Jika memang sahabat lebaran.com telah divonis mengidap penyakit jantung, obatilah dengan segera. Jangan ditunda, pengobatan penyakit jantung pada tahap awal, semakin mudah dan cepat penyembuhannya.

Sumber : http://www.lebaran.com/kesehatan/item/682-penyakit-maag-bisa-menyebabkan-serangan-jantung.html

Konsultan Surabaya

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply