.

Poin Penting Saat Sikat Gigi

Poin Penting Saat Sikat Gigi

Setiap hari sobat tiga kali melakukan aktivitas rutin sikat gigi, tapi ternyata tidak semua bisa melakukan gerakan menyikat gigi yang benar. Kebanyakan gerakan yang dilakukan adalah gerakan “asal disikat”.

Itulah kebiasaan yang kurang tepat. Sebab, mulut kita merupakan sarang dari jutaan bakteri jahat yang menggerogoti nutrisi yang menempel di lapisan terluar gigi. Ketika salah melakukan teknik menyikat gigi, kuman itu tidak akan mati. Sehingga, mulai saat ini sobat perlu memperhatikan cara menyikat dengan benar.

Berdasarkan penuturan dari banyak Ahli Gigi, aktivitas menyikat gigi secara tepat dimulai dengan menyikat bagian luar, dari atas ke arah bawah.  Perlu diperhatikan bahwa cara menyikatnya searah.

Kemudian dilanjutkan dengan menyikat gigi bagian dalam dan gigi geraham di bagian belakang. Menyikat gigi belum lengkap sebelum menyikat lidah untuk mengurangi bakteri di mulut dan memperoleh nafas yang segar. Secara rata-rata, keseluruhan proses menyikat yang tepat ini membutuhkan waktu sekitar dua menit saja.

Bukan hanya itu, jika menyikat sudah benar namun sikat yang dipakai tidak sesuai kontur gigi, maka hasilnya sama saja dengan nihil. Sebab, pembersihan menyeluruh dalam rongga mulut dan gigi tergantung dari sikat gigi yang dipilih juga.

Sekadar informasi, bahwa bulu sikat yang paling nyaman dipakai adalah yang terbuat dari bahan dasar nilon. Sobat juga perlu mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali atau jika bulu sikatnya sudah melebar sebelum 3 bulan.

Kemudian, yang perlu diperhatikan adalah pemakaian pasta gigi yang sesuai dengan kebutuhan gigi kita. Setiap orang memiliki masalah gigi & gusi yang berbeda-beda, mulai dari gigi sensitif, radang gusi, gigi berlubang, plak, bau nafas tak sedap, hingga masalah karang gigi.

Nah, setiap masalah itu harus diatasi dengan pasta gigi yang berbeda-beda kandungannya. Tapi jika kesulitan memilih pasta gigi yang tepat, sobat tetap bisa berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan hasil terbaik.

Sumber : http://www.lebaran.com/kesehatan/item/647-poin-penting-saat-sikat-gigi.html

Konsultan Surabaya

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply