.

Strategi Dalam Merencanakan Pembukaan Sebuah Bisnis Baru

Strategi Dalam Merencanakan Pembukaan Sebuah Bisnis Baru

Apakah anda sedang merencanakan untuk membuka sebuah bisnis atau usaha baru saat ini? tentunya jika ini bukanlah bisnis anda yang pertama kalinya, anda tidak akan mengalami kesulitan dalam melakukan riset pasar untuk bisnis yang akan anda buka tersebut. Namun jika ini adalah bisnis pertama yang akan anda dirikan, tentunya anda akan mengalami sedikit kebingungan dalam mempersiapkan riset pasar sebelum anda yakin untuk membuka bisnis anda bukan? Oleh sebab itu, kami mengkhususkan membahas tentang strategi bisnis untuk melakukan riset pasar sebelum anda yakin untuk terjun dalam sebuah bisnis baru. Artikel ini sangat cocok bagi anda yang masih baru pertama kali ingin membangun usaha anda sendiri. Dengan mengetahui bagaimana strategi bisnis untuk riset pasar, maka anda dapat memperkecil resiko kerugian saat anda membuka sebuah bisnis baru.

Tentunya bagi anda yang baru ingin membuka sebuah bisnis memiliki sedikit ketakutan bukan dalam memulai membangun sebuah bisnis? Hal tersebut wajar karena memang jika anda gagal dalam membangun bisnis anda, maka anda akan mengalami kerugian yang bervariasi jumlahnya tergantung dari bisnis jenis apa yang sedang akan anda rintis tersebut. Jika bisnis yang akan anda rintis tersebut adalah bisnis yang membutuhkan modal besar, ada baiknya kami menyarankan anda untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum terjun dalam membangun bisnis anda. hal ini adalah cara paling aman untuk mengurangi resiko kegagalan anda.

Ketika anda melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum membangun bisnis anda, maka anda bisa mengetahui seberapa besar pangsa pasar yang tersedia untuk anda. jangan biasakan melihat pangsa pasar secara kasat mata karena hal tersebut sangat berbahaya dan dapat memberikan hasil yang tidak sesuai dengan harapan anda setelah anda membuka bisnis anda nantinya. Berikut ini adalah beberapa strategi bisnis dalam melakukan riset pasar yang bisa anda gunakan untuk menurunkan resiko kegagalan anda dalam membangun sebuah bisnis.

  • Mulailah melakukan survey secara mendalam pada lokasi dimana bisnis anda akan berada.

Ketika anda ingin membuka sebuah bisnis, ada baiknya anda melakukan survey secara mendalam terlebih dahulu pada lokasi terdekat dari tempat bisnis anda berada. Berikut ini akan kami contohkan bagaimana melakukan survey pada lokasi di sekitar tempat bisnis yang anda pilih. Misalkan anda ingin membuka sebuah restoran, maka ada baiknya anda mulai bertanya kepada banyak orang yang berada pada lokasi dimana bisnis anda akan berada. Tanyakan beberapa hal kepada orang-orang yang tinggal disekitar lokasi tersebut mengenai apakah mereka senang jika akan dibangun sebuah restoran di lokasi tersebut. Anda bisa melihat prospek bisnis anda kedepan di lokasi tersebut dengan melihat tanggapan dari beberapa orang yang tinggal di lokasi tersebut. Jika mereka mengatakan bahwa mereka sangat senang jika ada sebuah restoran di daerah itu karena mereka tidak perlu pergi jauh lagi hanya untuk mencari makanan, maka anda sudah memiliki satu keuntungan dengan lokasi yang anda pilih tersebut.

  • Survey mengenai produk apa yang perlu buat.

Melanjutkan strategi bisnis yang sudah kita bahas sebelumnya, setelah anda yakin bahwa lokasi yang anda pilih sudah sangat tepat untuk memulai bisnis, maka anda bisa mulai mempertanyakan tentang produk yang akan anda jual nantinya. Jika anda sudah menetapkan produk apa saja yang akan anda jual, maka anda bisa mulai menanyakan kepada orang-orang yang akan menjadi calon pelanggan anda tersebut. Apakah mereka suka dengan produk yang anda buat tersebut. Tanyakan juga mengenai kekurangan dari produk anda tersebut dan jangan tanyakan masalah kelebihannya.

Jika anda bisa melakukan semua strategi bisnis riset pasar yang kami berikan tersebut, maka anda tidak perlu lagi khawatir tentang bisnis anda kedepannya. Karena anda minimal sudah mendapatkan tanggapan yang positif dari orang-orang yang hidup disekitar lokasi tempat bisnis anda akan berdiri. Namun jika anda mendapatkan tanggapan negatif saat anda melakukan riset pasar, ada baiknya anda mengkaji ulang rencana anda karena dari tanggapan tersebut anda sudah bisa melihat masa depan dari bisnis anda meskipun tidak selalu benar sepenuhnya. Namun percayalah dengan menanyakan kepada orang-orang terdekat, anda bisa lebih mudah dalam mempersiapkan bisnis yang disukai oleh para pelanggan anda nantinya.

sumber gambar : http://www.freedigitalphotos.net

Konsultan Surabaya

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply