.

Sudah Cukupkah Komitmen Anda Pada Usaha Anda?

Sudah Cukupkah Komitmen Anda Pada Usaha Anda

Memulai sebuah bisnis adalah sesuatu sikap atau tindakan yang membutuhkan nyali yang cukup besar.  Apalagi jika sebelumnya anda memiliki jaminan akan kepastian (bekerja) sehingga kenyamanan itu ada di dalam diri anda untuk waktu yang lama.  Hal ini akan menjadi suatu hal yang akan membuat terus berpikir ulang tentang ide bisnis anda, sehingga pada akhirnya rasa pesimistis terhadap masa depan peluang dari ide bisnis anda tersebut pun hanya berakhir menjadi sebuah wacana saja.

Setelah hal tersebut terlewati dan ide bisnis tersebut telah anda jalankan pada akhirnya, tantangan yang lain pun telah menunggu untuk menguji apakah anda memang akan terus melanjutkan usaha anda tersebut.  Ujian itu tidak hanya datang dari faktor eksternal saja tapi lebih banyak terjadi dari faktor internal untuk menguji komitmen anda untuk meraih sukses dengan ide bisnis anda tersebut.  Memulai memang sulit, tapi untuk berkomitmen terhadap usaha anda tersebut merupakan persoalan yang berada di tingkat lebih tinggi.

Anda bisa saja memulai usaha dengan banyak perjuangan, mencari modal, mencari produk apa yang akan dijual, mencari siapa saja yang perlu anda ajak untuk bergabung, dan masih banyak lagi tantangan yang pastinya anda sudah akrab dengan itu semua ketika mencoba untuk memulai suatu usaha.  Ketika semua itu telah anda selesaikan dengan sangat memuaskan, usaha anda tersebut kembali lagi ke sebuah masalah klasik yaitu komitmen anda untuk terus  mengembangkan usaha anda tersebut sehingga pada akhirnya meraih sukses.

Komitmen merupakan faktor pembeda bagi setiap entrepreneur yang mencoba untuk menemukan sukses dalam berusaha.  Orang boleh saja memiliki kemampuan modal yang sangat memadai, tetapi jika dia tak memiliki komitmen terhadap ide bisnisnya, maka bisnisnya akan mengalami kesulitan untuk berkembang dan kesulitan masuk dalam kategori bisnis yang mature.  Komitmen juga akan membantu anda ketika banyak orang yang mencibir ide bisnis anda tersebut sebagai usaha yang sia-sia dan tidak bagus, karena dengan komitmen yang kuat anda akan termotivasi lebih kuat untuk membuktikan siapa yang salah dan siapa yang benar (anda tentunya).  Situasi lain lagi yang dapat diselamatkan oleh komitmen adalah ketika anda melakukan kesalahan dalam berbisnis dan ternyata berdampak besar terhadap bisnis anda tersebut, tanpa komitmen yang kuat anda pasti akan segera menyerah atau bahkan lari dari kenyataan.  Di samping hal yang disebutkan diatas, komitmen ini juga merupakan suatu hal yang diperhatikan oleh para konsumen dalam proses pertimbangan apakah mereka jadi untuk berurusan dengan anda atau tidak.  Komitmen pada akhirnya akan membawa anda dan bisnis anda menuju ke level yang dituju atau tidak, itu semua tergantung dari komitmen yang dapat anda berikan untuk usaha yang anda lakukan sekarang.

Pada akhirnya, pertanyaan anda akan berujung pada bagaimana anda dapat menjaga komitmen anda terhadap bisnis yang sedang anda kembangkan tersebut.   Berikut beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk menjaga komitmen anda, antara lain :

1. Tetapkan Goals Anda dengan Benar

Menetapkan tujuan anda dalam berusaha akan membuat anda selalu memiliki tujuan yang ingin dicapai.  Tetapkan tujuan secara jujur dan realistis sehingga tujuan yang anda inginkan benar-benar dapat diraih sehingga anda akan selalu bersemangat setiap kali anda selangkah lebih dekat kepada tujuan tersebut.  Jangan membuat goals yang terlalu muluk-muluk karena dengan demikian anda akan merasa putus asa ketika jalan anda masih jauh dan makin berat.

2. Tetap Waspada dan Membumi

Ketika bisnis berjalan dengan lancar dan semua terlihat baik-baik saja, maka biasanya orang akan merasa terlena, padahal pada saat tersebut adalah saat-saat kritis.  Ketika bisnis sedang menunjukkan perkembangan yang sangat baik dan mendatangkan banyak keuntungan, kebanyakan para pemilik bisnis mulai mencoba untuk membuka bisnis baru sehingga hadirnya pesaing tidak dianggap secara serius, atau terkadang lupa untuk memakai hasil usaha secara proposional (meningkatnya gaya hidup) sehingga terkadang malah mendatangkan masalah baru bagi bisnis anda.  Tetaplah waspada terhadap perkembangan pasar, perubahan perilaku dan juga hadirnya kompetitor agar bisnis anda tetap berada di jalur yang tepat.  Penggunaan hasil keuntungan usaha juga jangan terlalu berlebihan, karena kita tidak pernah tahu akan masa depan yang mungkin saja terjadi.

3. Sediakan Ruang untuk Perubahan

Dalam menjalankan bisnis tidaklah sesuai dengan perkiraan awal atau dalam bisnis plan yang telah anda buat dan dijadikan pedoman.  Pada kenyataannya bisnis itu bersifat dinamis sehingga lebih banyak hal-hal yang berubah dengan cukup cepat sehingga terkadang perkiraan kita di bisnis plan meleset.  Di samping itu juga, kreativitas anda sebagai pemilik usaha juga tidak akan pernah berhenti pada suatu titik itu saja.  Kreativitas yang ada akan selalu menghadirkan ide-ide baru baik itu dari diri anda sendiri maupun dari para karyawan anda.  Dengan adanya ruang yang mengakomodasi untuk perubahan menuju ke arah yang lebih baik ini, anda akan selalu merasa tertantang untuk mewujudkan ide tersebut, dan pada akhirnya level komitmen anda akan selalu tersegarkan kembali.

4. Remember to have FUN

Selalu ingat untuk meluangkan waktu untuk memanjakan diri anda maupun pikiran anda sehingga pada akhirnya nanti anda akan selalu merasa segar kembali dan siap dengan segala aktivitas yang membutuhkan komitmen tinggi.  Terkadang ini menjadi kesalahan bagi para pengusaha yang baru memulai bisnisnya, dimana ia merasa bersalah jika tidak senantiasa berada di dalam lingkup bisnisnya dan tidak menyempatkan diri untuk melakukan kegiatan refreshing yang pada akhirnya akan sangat berguna bagi bisnisnya itu.  Refreshing berfungsi untuk membuka pikiran akan ide-ide baru, melawan kejenuhan yang telah menumpuk di pikiran, menenangkan diri, sehingga sekembalinya dari bersenang-senang, anda siap 100% untuk menghadapi tantangan menjalankan usaha lagi.

sumber gambar : http://bit.ly/15gd2xL

Konsultan Surabaya

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply