Tempat Wisata di Pulau Tidung Kepulauan Seribu

Tempat Wisata di Pulau Tidung Kepulauan Seribu

Pulau Tidung adalah sebuah pulau yang ada dalam Kepulauan Seribu. Bagi anda yang berada di Jakarta, tempat wisata di Pulau Tidung ini bisa menjadi alternatif wisata selain Ancol, karena letaknya yang masih berada di area Jakarta. Sebenarnya, Pulau Tidung ini memiliki 2 pulau yakni Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil. Tidung Besar adalah sebuah pulau terbesar dibandingkan pulau lain yang berada di Kepulauan Seribu. Berbeda dengan Tidung Besar, Tidung Kecil ini tidak ada penghuninya. Pulau yang cantik ini semakin menarik minat wisatawan sehingga ramai dikunjungi karena memiliki daya tarik yang besar. Pasir putih yang terhampar di Pulau Tidung ini menambah kecantikan pantainya yang bersih.

tempat wisata pulau tidung 3

Tempat wisata di Pulau Tidung ini kondisi air lautnya cukup jernih dengan warna kebiruan yang berasal dari pantulan awan di langit. Maka dari itu, anda bisa melihat ikan hias dan terumbu karang yang berada di dasar laut dengan menyelam. Pulau ini memiliki jembatan yang cukup terkenal yakni Jembatam Cinta yang menjadi penghubung anatara 2 pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil. Panjang dari Jembatan Cinta ini kurang lebihnya 800 meter dan terbuat dari kayu. Wisatawan yang berkunjung akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut seperti ikan dan terumbu karang di sisi kanan dan kiri jembatan ini. Pemandangan bawah lautnya pun sangat indah, tak kalah dengan Bunaken yang ada di Manado.

Pada pagi dan sore hari tempat wisata di Pulau Tidung ini terlihat cukup romantis karena anda akan melihat matahari yang terbit serta terbenam. Beberapa fasilitas di Pulau Tidung yang ditawarkan ini seperti sepeda yang bisa anda sewa dengan harga 15.000 untuk menyusuri sepanjang Pantai Tidung ini. Jika anda tidak menyukai bersepeda, ada juga fasilitas snorkeling untuk menikmati keindahan laut seperti terumbu karang dan biota laut lainnya. Peralatan snorkeling tersebut bisa anda sewa dengan harga 35.000 ribu. Bahkan anda juga bisa menyewa perahu untuk mencapai spot dasar laut.

tempat wisata pulau tidung 1

Tak ketinggalan pula, tempat wisata di Pulau Tidung ini juga terdapat banana boat serta kano yang bisa anda sewa bersama kawan atau keluarga. Puas dengan beraktivitas di pantai, anda bisa menyegarkan diri dengan meneguk air kelapa muda sembari duduk di pinggir pantai. Jika anda lapar, anda dapat memesan nasi dengan menu sea food di depot milik penduduk di sekitar tempat wisata di Pulau Tidung. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau yakni 10.000 untuk seporsi nasi dan lauknya. Bagi anda yang menginap, anda bisa mengadakan BBQ di area pantai sambil menikmati deburan ombak dan tiupan angin pantai yang akan semakin menambah selera makan anda.

tempat wisata pulau tidung 2

Tempat wisata di Pulau Tidung ini hanya menyediakan penginapan semacam homestay milik penduduk setempat karena tidak ada hotel mewah di sini. Walaupun homestay tersebut tidak semewah hotel di kota besar, namun anda bisa memilih kamar ber AC atau non AC tergantung selera dan kemampuan anda. Kamarnya juga cukup bersih dan harga yang ditawarkan ramah kantong. Jika anda pergi bersama rombongan, anda bisa berkemah di area pantai sambil menyalakan api unggun dan membakar makanan laut seperti ikan, udang dan sebagainya. Selain menghemat, anda juga bisa menikmati kebersamaan bersama kawan rombongan anda. Anda bisa menempuh waktu 2 hingga 3 jam untuk sampai ke Pulau Tidung ini dari Jakarta. Perjalanan menuju tempat wisata di Pulau Tidung ini hanya dilakukan 1 kali dalam sehari yakni pada jam 7 pagi.

Transportasi ke Tidung yang digunakan adalah perjalanan laut berupa kapal sehingga anda tidak akan mengalami macet seperti perjalanan darat pada umumnya. Biaya untuk menumpang kapal juga relatif murah, hanya 33.000 ribu saja, sehingga anda tidak perlu menabung terlalu lama. Jika anda ingin mengikuti paket wisata yang disediakan, harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal, yakni sekitar 300.000 ribu. Biaya tersebut mencakup makan, transportasi dan juga penginapan.

Sumber : http://www.tempatwisataid.com/

Konsultan Surabaya

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply