.

Tips Perawatan Kulit Sensitif

Tips Perawatan Kulit Sensitif

 

Perawatan Kulit. Anda termasuk yang memiliki kulit sensitif? Jangan buru-buru sedih atau cemas, karena apapun yang dikaruniakan Sang Maha Pencipta sudah sepantasnya kita syukuri. Kulit sensitif memang berbeda bila dibandingkan dengan kulit normal, terutama dalam hal perawatan kulit.

Diperlukan perawatan kulit yang lebih intensif dan telaten sehingga terhindar dari gejala atau akibat yang bisa dirasakan seperti kulit memerah, terasa gatal, kulit terasa terbakar bahkan bisa sampai mengelupas (iritasi), sehingga menimbulkan rasa perih saat terkena sentuhan.

Memang jika Anda memiliki kulit sensitif, maka diperlukan perawatan kulit yang ekstra untuk mendapatkan kulit yang senantiasa sehat dan Anda tetap bisa tampil cantik. Bagaimana caranya?

Pertama, Anda harus mengenali faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kulit sensitif  sehingga menimbulkan gejala seperti yang disebutkan diatas. Apakah karena faktor cuaca, makanan atau produk kosmetik tertentu  atau karena faktor lain diluar itu, seperti stress misalnya?

Kedua, setelah Anda mengenali faktor penyebabnya, maka langkah selanjutnya adalah  Anda harus menghindari hal-hal yang dapat membuat kulit sensitif anda menjadi iritasi. Apa saja? Simak terus artikel ini.

Untuk perawatan kulit sensitif, ada beberapa komponen produk yang harus dihindari yaitu:

1.  Parfum

Produk kosmetik ini paling digemari terutama kaum wanita. Namun tahukah anda bahwa yang nikmat bagi hidung belum tentu baik bagi kulit kita? Ternyata, penyebab alergi kosmetik nomor satu adalah parfum! Waaah…! Alergi pada kulit dapat ditimbulkan dari aroma parfum seperti aroma jeruk, bunga atau mint yang biasa terdapat dalam produk kecantikan atau bahan pembersih rumah tangga. So, untuk perawatan kulit sensitif Anda sebaiknya menggunakan produk kecantikan atau pembersih rumah tangga yang tidak mengandung parfum.

2. Zat Kimia Dalam Pembersih Wajah

Salah satu cara perawatan kulit adalah membersihkan wajah. Tahukah Anda, ternyata didalam sabun atau produk pembersih wajah terdapat kandungan zat yang disebut surfaktan (Sodium lauryl sulfat) yang bisa berakibat buruk bagi kulit sensitif. Zat ini berfungsi sebagai pengemulsi keras yang ditemukan dalam sabun tubuh dan pembersih wajah. Zat ini juga berfungsi membersihkan kotoran dari kulit, namun dapat merusak kulit yaitu dengan merusak lipid yang berfungsi sebagai lem perekat yang menyatukan sel-sel kulit dan menjaga kulit dari kekeringan serta kerusakan. Apabila Anda memiliki kulit sensitif, maka untuk perawatan kulit terutama wajah sebaiknya hindari pemakaian produk yang mengandung zat yang dapat merusak sel-sel kulit, agar kulit wajah Anda terhindar dari iritasi.

3. Zat Kimia Dalam Make Up

Make up memang diperlukan, terutama bagi wanita untuk menjaga penampilan dan kepercayaan diri. Namun dibalik itu, bagi Anda  yang memiliki kulit sensitif hendaknya berhati-hati dalam menggunakan produk make up. Pada umumnya produk make up banyak mengandung zat kimia serta bahan pengawet, yang dapat mengakibatkan alergi atau iritasi pada kulit terutama wajah. Kulit sensitif rentan terhadap timbulnya iritasi dan jerawat, terutama pada wajah. Untuk make up wajah bagi kulit sensitif, sebaiknya hindari produk yang mengandung zat kimia dan bahan pengawet.

Jadi, untuk perawatan kulit wajah yang sensitif, gunakan produk yang mengandung sedikit zat kimia dan bahan pengawet untuk menjaga supaya kulit wajah Anda tetap sehat, halus dan bebas jerawat serta bersihkan wajah dengan air hangat dan sabun pembersih yang lunak.

Sumber http://berbinarbinar.com/

 

Konsultan Surabaya

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply